Senin, 12 Desember 2016

Perjalanan ke Drono dan Balecatur

Perjalanan sepekan telah usai.. berangkat senin pulang minggu.. di empat tempat yang berbeda.. mengakhiri perjalanan2 sebelumnya. Diawali ke malang akhir oktober, awal Nopember ke surabaya, tengah Nopember ke thailand.. dan awal desember ke malaysia dan yogya.. berasa capeknya.. ya di kantong, ya di mana aja.. hehe..

Perjalanan sepekan ini berakhir dengan mengunjungi #sangguruselatan1 dan #sangguruselatan2.. tepatnya di Drono dan di nyamplung.. berawal ikut konferensi Islamic Finance di Melaka Malaysia bersama pak Hasan. Hingga hari kamis mengelilingi beberapa titik di melaka dan Kuala Lumpur. Cukup puas lah. Membolang 2 orang.. hahaha.. asyeekkkk

Perjalanan dari Malaysia terpaksa harus tak pulang ke semarang karena ada acara rapim di yogya. Tiket sudah dipesan. Dan aku harus merubahnya menuju yogya walaupun akhirnya tak bisa ikut sesi2 awal rapim. Tak apalah.. hahaha.. paling disengeni pak dekan.. ternyata??? Nggak tahu.. pak dekan sayang sama aku kok.. ge er...



Rapim kali ini agak dipercepat. Apalagi remun insentif telah cair di jumat sore.. hehe.. karena sangat ngantuk aku menginap di hotel di malam sabtu. Penginnya langsung mampir ke #pakFari sayangnya beliau ada acara ke luar. Ternyata ke dokter. Tak apalah. Niat ikut kondangan ke mas feri terpaksa tak jadi ikut juga.. hmmm.. memang jodohnya sehari semalam bersama #pakFari dan keluarga.. InsyaAllah..

#pakFari? Anggap saja beliau adalah guruku.. kenalan dink.. aku tak pernah diampunya. Beliau adalah dosen di stie ykpn yogya. Sejak tahun lalu, aku merasa kian dekat saja. Tahun ini aku telah mengunjunginya 3 kali. Dan jadi 4 kali plus kemarin. Setiap kunjungan ada kisah tersendiri.. termasuk kemarin..

Kunjungan kemarin hampir saja tidak jadi. Karena #pakFari ada agenda ke bandung. Padahal aku ada acara di #profhardi di hari minggunya. Nanggung kalau pulang pergi yogya. Maka ke #pakFari adalah solusi.. bisa nginep gratis dan fasilitas makan gratis pula.. haha.. bukan itu loh maksud akyu.. silaturahim adalah lebih terpenting.. dan aku menyukainya.. hampir satu bulan sekali aku bersua dengan  beliau di semarang..

Bermodal naik taksi aku meluncur ke kediaman #pakFari jam 7 pagi dari hotel. Karena sudah kontak terlebih dahulu maka lebih aman. Dan aku sudah tahu kalau beliau tidak jadi ke bandung.. kan, jodohku.. untuk bersama beliau.. aku adalah tamu yang aneh mungkin.. ora nggenah..

Aku disambut si farrel ketika taksi sudah sampai di depan rumah jalan elang 8 nomor 1 itu. Dan aku pun masuk. Tasku dibawakan si farrel. Suka sekali dia dengan kedatanganku. Paling tidak menemaninya bermain game dan lainnya.. hahaha..

Hari sabtu, aku mengikuti beliau untuk mengantar farrel ikut les dan kemudian makan siang. Selepas itu pulang.. dan menemani farrel persiapan lomba lasy hari senin. Apa itu lasy? Kayak Lego gitu. Dan karena ngantuk aku masuk kamar untuk tidur siang.. lumayan... sorenya janjian sepedaan..

Dan akhirnya aku sepedaan setelah lama tak pegang sepeda ontel. Bersama farrel dan #pakFari. Sekalian cari salak. Untuk aku kali ya.. hahaha.. ge er.. entahlah, mengunjungi #pakFari itu menyenangkan.. setelah sepedaan pulang ke rumah, mandi dan persiapan keluar makan malam.

Maghrib tiba, aku sholat sama si farrel. Aku lihat #pakFari sholat di kamar. Belum pernah aku jamaah bersama beliau. Suatu saat insyaAllah... dan ingin aku ajarkan membaca alquran untuk si farrel. Entah kapan.. Semoga saja.

Agenda malam tidak jadi. Saudaranya yang akan ke rumah. #pakFari ke luar untuk beli bakmi jowo dll. Karena naik motor, aku dan farrel mau ikut. Dan saat inilah aku lihat farrel ngambek. Pengin banget naik motor bertiga.. haha.. akhirnya aku tak jadi ikut. Hmmm.. dan bakmi and nasi gorengnya tak dapat. Antrian nya puanjang. Untung saudaranya berhasil membawakannya. Dan kita pun makan malam bersama di ruang itu.. indah sekali..

Saudaranya #pakFari berpamitan pulang.  Dan aku pun nonton tivi. Sebentar #pakFari menemani. Dan karena beliau ke kamar, nonton bersama farrel. Aku pun masuk kamar.. dan tidur....

Pagi telah datang.. kami berempat jalan2 pagi.. seperti biasanya.. sampai sungai.. kembali menuju rumah membeli gorengan dan lainnya. Agenda sarapan pun dirubah ke soto. Tak kira soto biasa. Maklum aku tak terlalu suka. Ternyata soto banjar. Beda ya.. baru kali ini.. sebelum ke soto banjar, akhirnya aku kesampaian masuk kamar (ruang kerja) #pakFari karena aku dengar suara organ. ternyata beliau sedang melatih jari2nya. Dna memang beliau bisa bermain organ. Dan si farrel itu adalah bassist.. dan cekrek..  wefie dunk..  momen langka euy.

Setelah sarapan soto, keluarga #pakFari menerima kabar tidak baik. Kakak ipar terserang jantung selepas main minton dan kembali ke pangkuanNya. Innalillahi wa inna ilaihi roji'un.. Semoga husnul khotimah..  dan rencana kondangan ke wates dibatalkan.

Aku pun segera berpamitan karena akan melanjutkan perjalanan ke balecatur. Mengunjungi undangan tasyakuran #pakHardi. Keluarga #pakFari sedang bersedih. Aku pun meluncur dengan taksi dalam keadaan yang tidak nyaman. Aku tak bisa membantu..

Setengah jam kemudian, aku sampai di joglo Darsodimulyo, kediaman baru #profhardi , #sangguruselatan1. Beliau juga guruku.. walaupun belum pernah mengampu aku di kelas. Tetapi pelajaran dari beliau sangat banyak.. ah, jadi tertawa sendiri saat ingat kejadian itu di tahun 2013 kayaknya..

Aku disambut dengan pelukan hangatnya. Dan akhirnya aku duduk di bagian depan. Ceritanya aku diminta jadi penerima tamu. Tapi aku agak kesiangan. Tapi enggak juga. Karena tamu belum banyak yang hadir. Mahasiswanya yang diminta bersama ibu2 di kampung itu. Aku diminta sante saja. Hehehe..

Di sambutannya, #pakHardi banyak menyampaikan kisah.. dan mengakhirinya dengan puisi #analisiscinta. Kisah beliau bersama ibu.. so sweet... dan acara dilanjutkan dengan pengajian. Gokil ustadznya. Dosen dokter hewan UGM. Kayak pak kyainya pengajian NU. Tapi di kampung ini aku yakin banyak muhammadiyah.. kan yogya..

Sebelum berakhir acara tersebut, si ardhi datang. Dia datang karena macet di jalan. Beberapa dosen matematika aku lihat seperti pak giarto dan lainnya. Pak dekan mipa pun hadir. Aku? Bukan mipa... hehe.. tamu istimewa lah..

Acaranya pun selesai jam 12an. Aku tak mau kehilangan momen ini.. dan #pakHardi menyambut kami terlebih dahulu untuk berfoto bersama. Dengan latar belakang joglo yang keren itu... ah, pengin punya..  setelah berfoto.. kami pun berpamitan.. pelukan hangat dan agak lama menghantarkan kepulanganku.. aku tak pernah merasakan pelukan yang begitu syahdu kemarin.. andaikan tak rame, bisa jadi aku meneteskan air mata bahagia... aku merindukannya.. aku masih ingat saat #cakJi menggandeng ku saat itu.. aku merasa anak kecilnya.. dan pelukan itu adalah pelukan seorang ayah... Ya Allah, maafkan hamba.. aku tak mampu melakukannya dengan bapakku sendiri.. aku terlalu kaku... dan aku ingin juga merasakannya... entah itu kapan.. bersama #sanggurubarat dan #sangguruutama ... walaupun  hati kami telah berpelukan selalu..

Perjalanan dari balecatur aku termasuk beruntung.. pak Ipung menawariku untuk bersama walau agak kebak innova itu.. dan aku diantar sampai rumah setelah mengambil salak di kampus. Salak dari seorang teman yang baik.. di Banjarnegara.. mbak lala namanya.. makasih mbak lala dan pak ipung ya... Semoga Allah memberikan balasan yang lebih baik.. aamiin..


#pakFari dan #pakHardi, terimakasih... untuk persuaan kali ini.. Semoga Allah swt senantiasa menjagamu.. menganugerahkan kesehatan dan umur yang panjang nan barokah.. aamiin ya rabbal alamin... dan semoga aku bisa selalu mengunjungimu...


@gubugijo, 121216 berakhir aku tuliskan ini tepat pukul 1400...

2 komentar:

lomba menulis apa saja mengatakan...

biar lebih menarik bisa ditambahkan foto-fotonya dong

Crew Fauzi mengatakan...

I and my family are very helpful with the info from you. May we all succeed the Hereafter.

Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit

Obat Benjolab Di Vagina

Obat Oles Tahan Lama

Sehat Itu Barokah

Toko Zahra Herbal